BAB I

PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang

Pada masa sekarang ini, perkembangan teknologi modern semakin pesat. Otomatisasi serta segala macam perangkat elektronika sudah semakin menguasai zaman. Sehingga tidak mengherankan kalau ada yang mengatakan bahwa peran elektronik sangat diperlukan dalam kehidupan pada saat ini. Akan tetapi semua kemajuan teknologi itu tergantung tujuan dan kepentingan, mengapa dan kenapa kecanggihan itu dibangun.

Pengendali Lampu Pijar ini adalah suatu alat yang dapat membantu seseorang yang menggunakan lampu pijar dalam beberapa ruangan tanpa harus menghidupkan semua saklar lempu pijar tersebut. Pengendali Lampu Pijar ini didasarkan pada 4 buah relay yang berfungsi untuk menghidupkan lampu, Apabila relay terkena masukan tegangan maka relay akan aktif dan menghidupkan lampu secara bergantian ke 4 buah lampu.

Rangkaian ini bisa juga dipergunakan untuk Pengendali Lampu Pijar dan pengendali fan, tetapi pemakaian relaynya dikurangi. Dan beberapa lampu pijar dapat diganti dengan fan, sehingga setelah lampu pijar menyala maka fan akan bergantian menyala.

Selengkapnya : Makalah Interface