New York – Nokia memperkenalkan Morph, sebuah konsep perangkat mobile masa depan. Dengan inovasi Morph, ponsel akan cukup fleksibel untuk ditransformasi menjadi berbagai macam bentuk yang berbeda.

Morph yang dirancang Nokia bersama University of Cambridge ini berbasis teknologi nano. Menurut Nokia, Morph terbuat dari materi yang fleksibel sehingga perangkat mobile bisa ditekuk atau direnggangkan menjadi bentuk yang diinginkan. Misalnya, pemakai bisa mengubah bentuk ponsel biasa menjadi bentuk jam tangan.

Tak hanya itu, teknologi ini memungkinkan pemakaian energi matahari sebagai sumber daya, mampu mengusir kotoran secara mandiri serta penerapan sensor lingkungan. Ide sensor lingkungan ini tercakup dalam Eco Sensor Concept Nokia, untuk menjadikan perangkat mobile mampu menganalisis kesehatan pemakai dan kondisi lingkungan sekitar.

Namun sayangnya, Morph kemungkinan baru bisa diterapkan dalam kurun waktu sekitar 7 tahun lagi untuk ponsel kelas atas. Nokia mengklaim, pada akhirnya teknologi nano yang dipakai di Morph bisa diterapkan dengan ongkos rendah pada berbagai produk ponsel masa depan.

Dengan adanya kehadiran nokia morph akan membantu manusia dalam berkomunikasi, style, serta efisiensi waktu dan energi.Kelebihan nokia morph diantaranya sebagai berikut:

Fleksibel & Mengubah Desain

Nanoteknologi memungkinkan bahan-bahan dan komponen yang fleksibel, elastis, transparan dan sangat kuat. Urat saraf protein ditenun menjadi mesh tiga dimensi yang memperkuat struktur elastis tipis. Menggunakan prinsip yang sama di balik sutera laba-laba, elastisitas ini memungkinkan perangkat untuk harfiah berubah bentuk dan mengkonfigurasi sendiri untuk beradaptasi dengan tugas di tangan.
Sebuah desain dilipat akan muat dengan mudah di saku dan bisa meminjamkan sendiri ergonomis untuk digunakan sebagai handset tradisional. Sebuah dilipat desain yang lebih besar dapat menampilkan informasi yang lebih rinci, dan menggabungkan perangkat input seperti keyboard dan bantalan sentuh.

Bahkan elektronik terpadu, dari interkoneksi ke sensor, bisa berbagi sifat-sifat yang fleksibel. Selanjutnya, pemanfaatan bahan biodegradable mungkin akan membuat produksi dan daur ulang perangkat lebih mudah dan ekologis ramah.

Membersihkan diri

Nanoteknologi juga dapat dimanfaatkan untuk membuat permukaan membersihkan diri pada perangkat mobile, akhirnya mengurangi korosi, keausan dan meningkatkan umur panjang. Permukaan berstrukturnano, seperti “Nanoflowers” alami mengusir air, kotoran, dan bahkan sidik jari memanfaatkan efek juga terlihat dalam sistem alam.

Sumber Daya Advanced

Nanoteknologi mengulurkan kemungkinan bahwa permukaan perangkat akan menjadi sumber alami energi melalui meliputi struktur “Nanograss” yang panen tenaga surya. Pada saat yang sama baru penyimpanan bahan kepadatan energi yang tinggi memungkinkan baterai menjadi lebih kecil dan lebih tipis, sedangkan juga lebih cepat untuk mengisi ulang dan mampu bertahan siklus pengisian lebih.

Penginderaan Lingkungan

Nanosensors akan memberdayakan pengguna untuk memeriksa lingkungan sekitar mereka dengan cara yang sama sekali baru, dari menganalisa polusi udara, untuk mendapatkan wawasan jejak bio-kimia dengan kemampuan baru. Dapat membantu kami memantau perkembangan kondisi,kualitas lingkungan sekitar kita, atau yang sederhana seperti mengetahui apakah buah kita akan menikmati harus dicuci sebelum kita memakannya Kemampuan kita untuk menyetel ke lingkungan kita dengan cara ini bisa. membantu kita membuat keputusan penting yang membimbing tindakan kita sehari-hari dan akhirnya dapat meningkatkan kesehatan kita.

Nokia Morph sebuah konsep mobile device masa depan yang sedang dalam pengembangan ini sangat amat di perlukan nantinya,dengan konsep yang ramah lingkungan serta teknologi-teknologi unggulan yang dimilikinya dapat membantu pengguna  ”Morph” dalam kehidupan sehari-hari.

Karena konsep,desain,dan ide yang benar-benar baru di usung oleh “Morph” ini juga mendukung gerakan “go green” yang ramah lingkungan dan dengan sumber daya yang dapat memanfaatkan tenaga surya. Dan dengan sebuah “mobile device” ini kita dapat mendapatkan banyak fitur-fitur yang sangat bermanfaat selain dari fungsi “mobile phone” itu sendiri.

Sekilas tentang nokia morph: