Ciri-cirinya begitu kentara. Matanya yang seakan berkabut, tak mau menatap ketika istrinya memandang. Pulang larut malam dari ‘kantor’ dengan secercah bekas lipstik di kerah kemeja. Atau, aroma lembut Bvlgari for women berhamburan dari tubuhnya – habis memeluk wanita lain.

Pria memang sering berselingkuh. Dan mereka yang melakukannya, jauh lebih banyak ketimbang wanita. Dalam penelitian Kinsey Report yang asli – yang diterbitkan lebih dari 50 tahun yang lalu – ada 60 persen pria, dibanding 30 persen wanita, yang tidak setia pada pasangannya sebelum mencapai usia 40. Konon, jumlah ini hampir selalu sama pada penelitian-penelitian berikutnya. Tak peduli apa pekerjaannya, dari rakyat biasa sampai presiden, bisa kejangkitan ‘penyakit’ ini.

Tapi, mengapa? Apa alasan-alasan mereka? Inilah jawaban – bukan dari pria-pria itu – tapi dari wanita-wanita yang pernah diselingkuhi, seperti yang diungkapkan di iVillage’s Speak Your Mind . Jawaban-jawaban mereka sarat dengan berbagai rasa, dari rasa marah sampai pengertian, frustrasi sampai permaafan, tapi sangat populer.

1. Karena seks.
Menurut para wanita, pria akan berselingkuh bila mereka memiliki kesempatan untuk mewujudkannya. Biarpun kehidupan cintanya bahagia, tapi bila ada wanita yang mau berhubungan intim dengannya, kenapa tidak? Bahkan, pria juga bisa menjalin kontak seksual tanpa harus punya perasaan dengan wanita lain itu.

2. Karena lebih mudah ketimbang memperbaiki hubungan.
Pria berselingkuh karena malas. Ketimbang memperbaiki hubungan yang sedang terancam krisis dengan pasangan sahnya, ia lebih memilih menjalin hubungan baru dengan wanita lain. Sebab, butuh keberanian besar bagi seorang pria untuk mengakui bahwa ada yang salah dalam hubungan yang dibinanya.

3. Karena ego pria yang keliwat besar.
Siapa yang nggak mau punya istri cantik dan seksi, tapi masih juga punya pacar yang sama-sama (apalagi kalau lebih) cantik dan seksi? Pria senang sekali menerima pujian, terutama dari lawan jenis. Bila berasal dari pasangan selingkuh itu, egonya yang sudah besar, akan makin membengkak. Dipuja dan dianggap menarik oleh wanita lain akan membuat kepercayaan diri pria makin meningkat.

4. Untuk memenuhi kekurangan yang terdapat dalam hubungan sekarang.
Ketika ada sesuatu yang kurang dalam hubungan yang sedang dijalin sekarang, pria cenderung berselingkuh. ‘Kekurangan’ itu bisa jadi terletak dalam seks atau komunikasi yang sehat. Bila ia tidak bisa ‘ngomong’ dengan istri atau tidak bisa melakukan ‘kinky sex’, mudah baginya untuk berpaling ke wanita lain yang bisa memberikan hal itu.

5. Karena mereka egois.
Banyak pria berselingkuh hanya karena mereka tidak matang, serakah, dan tidak tahu cara menunjukkan respek terhadap pasangannya. Boleh jadi mereka juga egois, dan mereka pikir hanya mereka yang mempunyai perasaan, kebutuhan, dan nafsu-nafsu untuk dipuaskan. Tak jadi soal siapa yang akan terluka, selama mereka memperoleh apa yang mereka inginkan. (hannie k.wardhanie)